-->

√ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (Ki & Kd) Pendidikan Agama Islam Dan Akal Pekerti Sd/Mi Kelas 1-6 Kurikulum 2013

pada kesempatan ini akan menulis wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti SD / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara lengkap mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KURIKULUM 2013
KELAS I
Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa bisa :

KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SOSIAL)
1. mendapatkan dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
2. menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 terbiasa membaca basmalah setiap
memulai berguru al-Qur’an
2.1 menunjukkan sikap percaya diri
dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil
2.2 menunjukkan sikap kasih sayang
dan peduli kepada sesama sebagai
implementasi pemahaman Q.S. al
Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas
1.3 mendapatkan adanya Allah Swt. yang
Maha Pengasih dan Maha Penyayang
2.3 menunjukkan sikap percaya diri
sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt.
1.4 mendapatkan keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
2.4 menunjukkan sikap percaya diri
sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.
1.5 mendapatkan adanya Allah Swt. Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja
2.5 menunjukkan sikap kasih sayang,
peduli, kerja sama, dan percaya diri
sebagai implementasi pemahaman
al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, ar
Rahim
, dan al-Malik
1.6 mendapatkan dan mengakui makna dua kalimat syahadat
2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat
1.7 terbiasa berdoa sebelum dan setelah belajar
2.7 menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan setelah belajar
1.8 meyakini bahwa sikap hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman
2.8 menunjukkan sikap hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
1.9 meyakini bahwa berkata yang baik,
sopan, dan santun sebagai cerminan dari iman
2.9 menunjukkan sikap yang baik, sopan, dan santun dikala berbicara

1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri sebagai cerminan dari iman
2.10 menunjukkan sikap bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri
1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah
2.11 menunjukkan sikap bersih
badan, pakaian, barang-barang,
dan kawasan sebagai implementasi
pemahaman makna bersuci
1.12 menjalankan salat dengan tertib
2.12 menunjukkan sikap disiplin
sebagai implementasi pemahaman
salat dan acara agama yang
dianutnya di sekitar rumahnya
melalui pengamatan
1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.
2.13 menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.
2.14 menunjukkan sikap semangat dan rajin berguru sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s.
2.15 menunjukkan sikap kerja keras dan kolaborasi sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi
Hud a.s.
2.16 menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw.
2.17 menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa
ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia

3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
4.3 menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
3.4 memahami keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.4 menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.5 memahami makna al-Asmau al Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik
4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: ar Rahman, ar-Rahim, danal-Malik
3.6 memahami makna dua kalimat syahadat
4.6 melafalkan dua kalimat syahadat
dengan benar dan jelas
3.7 memahami makna doa sebelum dan setelah belajar
4.7 melafalkan doa sebelum dan
setelah berguru dengan benar dan
jelas
3.8 memahami sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.8 mencontohkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.9 memahami berkata yang baik, sopan, dan santun
4.9 mencontohkan cara berkata yang baik, sopan, dan santun
3.10 memahami makna bersyukur,
pemaaf, jujur, dan percaya diri
4.10 mencontohkan sikap bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri
3.11 memahami tata cara bersuci
4.11 mempraktikkan tata cara bersuci
3.12 memahami salat dan acara agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.12.1melaksanakan salat dan acara agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.12.2mencontohkan acara agama di sekitar rumahnya
3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.


KELAS II
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
 pada kesempatan ini akan menulis wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata √ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS III
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:

 pada kesempatan ini akan menulis wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata √ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013
Kami rekomndasikan :
KELAS IV
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:

 pada kesempatan ini akan menulis wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata √ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS V
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
 pada kesempatan ini akan menulis wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata √ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013
KELAS VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SOSIAL)
1. menerima, menjalankan, dan
menghargai pedoman agama yang
dianutnya
2. menunjukkan sikap ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil
2.1 menunjukkan sikap toleran,
simpati, waspada, berbaik sangka,
dan hidup rukun sebagai
implementasi pemahaman Q.S. al
Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3
dan
Q.S. al- Hujurat/49:12-13
1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat
meminta, Maha Berkuasa, Maha
Mendahulukan, dan Maha Kekal
2.2 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi
1.3 meyakini adanya hari selesai sebagai
implementasi pemahaman Rukun
Iman
2.3 menunjukkan sikap rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar
2.4 menunjukkan sikap berserah diri kepada Allah Swt. yang
mencerminkan iman kepada qadha
dan qadar
1.5 meyakini bahwa sikap hormat
dan patuh kepada orangtua, guru,
dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman
2.5 menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
cerminan dari iman
2.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama
1.7 menjalankan kewajiban berzakat
sebagai implementasi pemahaman
rukun Islam
2.7 menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman pesan tersirat zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yunus a.s.
2.8 menunjukkan sikap tanggung
jawab sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Yunus a.s.
1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi
Zakariya a.s.
2.9 menunjukkan sikap kasih sayang
sebagai implementasi pemahaman
kisah keteladan Nabi Zakariya a.s.

1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi
Yahya a.s.
2.10 menunjukkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s.
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa
a.s.
2.11 menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman kisah
keteladan Nabi Isa a.s.
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw
2.12 menunjukkan sikap semangat
dalam berguru sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad saw
1.13 meyakini kebenaran kisah sahabat
sahabat Nabi Muhammad saw
2.13 menunjukkan sikap peduli sebagai
implementasi pemahaman kisah
keteladan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw.
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul
Kahfi sebagaimana terdapat dalam
al-Qur’an
2.14 menunjukkan sikap teguh
pendirian sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana
terdapat dalam al-Qur’an

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
menurut rasa ingin tahu
wacana dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda
benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan kawasan bermain
4. menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang
mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia

3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun,
Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al
Hujurat/49:12-13
dengan benar
4.1.1 membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan terang dan
benar 4.1.2 menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al
Hujurat
/49:12-13 dengan benar
4.1.3 menunjukkan hafalan Q.S. Al
Kafirun
, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan
Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan
benar
3.2 memahami makna al-Asmau al
Husna: As-
Samad, Al-Muqtadir, Al
Muqaddim,
dan Al-Baqi
4.2 membaca al-Asmau al-Husna: As
Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim,
dan Al-Baqi dengan terang dan benar
3.3 memahami pesan tersirat beriman kepada
hari selesai yang sanggup membentuk
sikap adab mulia
4.3 menunjukkan pola hikmah
beriman kepada hari selesai yang
sanggup membentuk sikap akhlak
mulia


3.4 memahami pesan tersirat beriman kepada qadha dan qadar yang dapat
membentuk sikap adab mulia
4.4 menunjukkan pesan tersirat beriman
kepada qadha dan qadar yang
sanggup membentuk sikap akhlak
mulia
3.5 memahami sikap hormat dan
patuh kepada orangtua, guru, dan
sesama anggota keluarga
4.5 mencontohkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
3.6 memahami sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun
4.6 menunjukkan sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama sebagai
wujud dari pemahaman Q.S. al
Kafirun
3.7 memahami pesan tersirat zakat, infaq,
dan sedekah sebagai implementasi
rukun Islam
4.7 menunjukkan pesan tersirat zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.8 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus a.s.
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.9 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Zakariya a.s.
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.10 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yahya a.s.
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.11 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Isa a.s.
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw.
4.12 menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
3.13 memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
4.13 menceritakan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad
saw.
3.14 memahami kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
4.14 menceritakan kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an


Silahkan unduh / download filenya di bawah ini.
Demikianlah wacana KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 hingga kelas VI kami sajikan secara lengkap.
Atas perhatian dengan kunjungannya terhadap blog ini, kami ucapkan terima kasih.

Related Posts

0 Response to "√ Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (Ki & Kd) Pendidikan Agama Islam Dan Akal Pekerti Sd/Mi Kelas 1-6 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel